Satu Lagi Pasien Diare Tewas

KUPANG,PK---Kristiawan Sine (1 tahun), salah seorang pasien diare, Sabtu (10/1/2009), meninggal dunia, sekitar pukul 04.00 Wita, di RSUD Prof. Dr. WZ Johannes-Kupang. Sine, warga RT 8/RW 3, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, adalah korban tewas keempat dalam tiga hari terakhir akibat diare di Kota Kupang.

Kepala Ruangan Kenanga Kelas II dan Kelas III Anak RSUD Prof. Dr. WZ Johannes, Eka Manafesy, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (10/1/2009), mengatakan, Sine menjalani perawatan sejak Kamis (8/1/2009) lalu. Sine meninggal karena komplikasi diare dan gizi buruk. Tiga korban tewas sebelumnya adalah Monika Mantero, Sonny Haning dan Defita M. Kefi.

Ditanya tentang jumlah pasien anak penderita diare yang dirawat, Manafessy mengatakan, hingga kemarin jumlah pasien diare yang dirawat sebanyak 30 orang. Sepuluh pasien di antaranya komplikasi diare dan gizi buruk, sedangkan 20 pasien lainnya terserang diare tanpa komplikasi.

Kepala Ruangan Mawar Kelas I Anak, Irena Bilaut, ditemui terpisah menjelaskan, hingga kemarin, hanya satu orang pasien diare yang dirawat di Ruangan Mawar.

Dari pengamatan Pos Kupang di RSU Johannes, saban hari selalu ada pasien diare yang datang berobat. Ada juga pasien lama yang belum sembuh. 

Juliberta Ana Saores, orangtua Richard Parera (1 tahun), pasien komplikasi diare dan gizi buruk, mengatakan, Richard dirawat sejak Selasa (30/12/2008) lalu. Warga RT 10 RW 6, Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang ini kondisinya sangat memrihatinkan. Kulit tangan dan kakinya terlihat mengkerut. Sementara kedua matanya tampak cekung.

Seorang penderita diare lainnya, Rut Sau ( 2 bulan), warga Asam III, Desa Naibonat, Kabupaten Kupang juga menjalani perawatan. Menurut ibunya, Marni Tefnai, Rut dirawat sejak Sabtu (3/1/2009). "Kami membawa dia ke rumah sakit ini karena kondisi tubuhnya terus memburuk. Dia terus muntah-muntah dan berak setelah diberi makan," kata Ny. Marni. (den) 

Tips Mencegah Diare
- Perhatikan kebersihan makanan
- Biasakan minum air yang sudah dimasak
- Cuci tangan sebelum makan
- Jaga kebersihan lingkungan
- Selalu siapkan oralit
- Siapkan juga minuman pencegah diare, seperti jus jambu
- Hubungi dokter/petugas kesehatan terdekat apabila anak/anggota keluarga Anda mengalami gejala diare seperti muntah-muntah, dan buang air besar encer/cair secara terus menerus.
- Segera bawa ke rumah sakit apabila penyakit yang diderita tidak mengalami perubahan setelah dirawat.

Posted in Label: , |

0 komentar: