Poltekes Gelar Pelayanan Gratis

OELTUA, PK -- Direktorat Poltekes Depkes Kupang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Minggu (1/2/2009). Pelayanan kesehatan ini dilakukan oleh para dosen, dokter, perawat dan apoteker dari enam jurusan.

Disaksikan Pos Kupang, Minggu (1/2/2009), kegiatan ini dipusatkan di Kapela Oeltua. Warga dilayani oleh tujuh orang dokter, masing-masing dokter umum sebanyak tiga orang, dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan (THT) dan patologi dua orang, dokter gigi dua orang serta perawat dan apoteker masing- masing tiga orang. 

Hadir dalam kegiatan ini, ratusan masyarakat Desa Oeltua dan desa tetangga yang ingin mendapat pelayanan kesehatan. Jurusan keperawatan, misalnya, memeriksa masyarakat yang menderita penyakit, kebidanan memeriksa ibu hamil serta kesehatan bayi.

Jurusan kesehatan lingkungan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pembuatan tempat sampah yang higienis dan sederhana serta cara memberi kaporisasi air pada sumur yang ada.
Jurusan kesehatan gigi memeriksa dan mencabut gigi yang rusak serta memberikan penyuluhan bagi anak-anak cara membersihkan gigi atau menyikat gigi. Jurusan gizi mendekteksi anak-anak yang kurang gizi dan memberikan makanan tambahan berupa kacang hijau, serta jurusan farmasi menyediakan obat-obatan bagi pasien. Kegiatan ini juga melibatkan para pastor, suster dan pendeta yang memiliki jemaat di desa tersebut.

Direktris Poltekes Kupang, Sabina Gero, SKp, M.Sc, ketika dihubungi di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu dan mendapatkan kredit poin. Targetnya, lanjut dia, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat baik melalui penyuluhan maupun pelayanan langsung dari tiap-tiap profesi. "Masing-masing jurusan punya kegiatan pelayanan," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan setiap tahun sejak tahun 2006 dengan dana pengabdian yang dianggarkan oleh Depkes sebesar Rp 20 juta. Ia juga mengatakan bahwa obat-obatan yang ada disiapkan oleh Dinkes Propinsi NTT dan cukup untuk kebutuhan pelayanan.

Selain kegiatan tahunan, kata Gero, masing-masing jurusan juga melakukan kegiatan yang sama sesuai dengan bidangnya dalam setiap semester. (mas)

Pos Kupang 2 Februari 2009 halaman 3

Posted in Label: |

0 komentar: