Makanan Lokal Harus Disajikan dalam Keluarga

MAUMERE, PK-- Makanan lokal yang sering hanya disajikan saat ada perlombaan, hendaknya harus disajikan sebagai menu di dalam keluarga. Para ibu diminta selalu membuat menu makanan lokal untuk jadi santapan bersama di dalam rumah.

Demikian harapan Lurah Madawat, Seprianus Nerius saat membuka lomba makanan lokal yang diikuti 10 RW di Kelurahan Madawat, Sabtu (16/1/2010).

Acara ini digelar PKK Kelurahan Madawat diikuti kelompok ibu dari 10 RW di Madawat yang menyajikan aneka makanan lokal bergizi.

Lurah Nerius mengajak semua kaum ibu memulai menu makanan lokal dalam keluarga. "Dulu, ubi hanya dijadikan teman minum kopi pagi, tapi sekarang ubi harus menjadi menu utama dalam keluarga. Saya mengajak kaum ibu memulainya dari dalam rumah masing-masing. Jangan hanya saat lomba baru sajikan makanan lokal bergizi, tapi setelah ini harus dilanjutkan di dalam keluarga," kata Nerius.

Dikatakannya, makanan lokal mempunyai gizi tinggi dan punya nilai ekonomi tinggi. Hendaknya makanan lokal yang ada diolah agar ke depan anak-anak di Madawat tidak terserang gizi buruk.

"Di Madawat ada gizi buruk dan gizi kurang. Mulai sekarang olah makanan lokal agar diberikan kepada anak-anak kita," kata Nerius.

Ketua TP PKK Kelurahan Madawat, Patrisia Seno Dekrasano mengatakan, program PKK di Madawat akan terus dilakukan untuk memberdayakan kaum ibu agar selalu memanfaatkan makanan lokal.

Makanan lokal yang ada hendaknya diolah menjadi makanan bergizi dan harus disajikan jadi menu utama dalam keluarga.

"Lomba ini hanya sebagai perangsang saja agar kaum ibu selalu menyajikan makanan lokal dalam keluarga," kata Patrisia.

Tim juri dalam perlombaan tersebut adalah Ny. Elly Tandjung, Maria Samaredo dan Silvia H. Sabeweo. Mereka menilai menu makanan yang disajikan para ibu dari 10 RW yang menjadi peserta lomba. Aneka makanan lokal disajikan seperti ubi, jagung, ikan dan makanan lokal lain yang diolah menjadi makanan siap saji. Usai penilaian dan pengumuman juara, panitia pelaksana dan peserta mencicipi makanan lokal disajikan dalam suasana kebersamaan. (ris)

Juara Lomba Makanan Lokal di Madawat :
1. Juara I RW 02
2. Juara II RW 09
3. Juara III RW 04
4. Juara IV RW 08

Pos Kupang 18 Januari 2010 halaman 9

Posted in Label: |

0 komentar: