Susui Anak Lantaran Janji ke Allah

Yogyakarta (ANTARA News) - Ratih Sanggarwati menyusui ketiga anaknya secara langsung menggunakan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif semata-mata lantaran janjinya kepada Allah SWT.

"Saya pernah berjanji, jika Allah SWT memberikan kesempatan kepada saya untuk mengandung dan melahirkan anak, maka saya akan memberikan ASI eksklusif untuk anak saya," kata Ratih Sanggarwati ketika mengisi acara Talk Show "Menjadi Ibu Berprestasi dengan Menyusui" di Yogyakarta, Minggu.

Mantan top model Indonesia yang akrab dengan panggilan Ratih Sang itu memukau peserta percakapan langsung yang diadakan oleh Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ketika membawakan puisi ciptaannya yang berjudul "Merenung".

Puisi itu menceritakan bagaimana mulianya seorang wanita karena telah diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk untuk mengandung dan melahirkan.

Perempuan kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 8 Desember 1962 itu menceritakan pengalamannya dalam menjaga komitmen yang telah dia buat untuk menyusui ketiga anaknya dengan ASI ekslusif.

"Anak pertama, saya beri ASI selama 10 bulan, anak kedua selama dua tahun, dan anak ketiga selama setahun," kata dia.

Menurut pengamatan saya, kata dia, anak yang paling cerdas, sehat, dan kuat adalah anak kedua saya."Ketika kelas dua SD, anak kedua saya sudah khatam Al Quran, padahal kakaknya belum," kata dia. 

Ia menghimbau, ibu-ibu yang memiliki bayi untuk tetap memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama.

Ketika salah seorang peserta diskusi menyampaikan pertanyaan, karena merasa bingung antara memilih menyusui anaknya dan menuntut ilmu ke luar negeri, Ratih yang "None Jakarta 1984" menyarankan, untuk memilih menjalankan perintah agama, yaitu menyusui anak.

"Kita semua berdoa, semoga ibu mendapatkan kesempatan sepuluh kali lipat untuk menuntut ilmu ke luar negeri. Tapi, kesempatan untuk menyusui anak hanya datang satu kali," katanya menambahkan. (*)

Posted in Label: |

0 komentar: