Puskesmas Sikumana Paling Banyak Rawat Pasien Diare

KUPANG, PK -- Puskesmas Sikumana di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang paling banyak merawat pasien diare dibandingkan puskesmas-puskesmas lain di Kota Kupang. Sementara jumlah pasien diare yang dirawat di puskesmas-puskesmas di Kota Kupang sejak awal Januari 2009 sebanyak 159 orang. Sedangkan warga Kota Kupang yang dirawat di RSU Prof. Dr. WZ Johannes, Kupang karena terserang diare sebanyak 26 orang. 

Kadis Kesehatan Kota Kupang, dr. Dominggus Serambu melalui Kasubdin Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), dr. Skolastika Daro mengatakan hal itu ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/1/2009) siang. Menurut Skolastika, data jumlah pasien diare tersebut sesuai laporan dari sepuluh puskesmas yang tersebar di Kota Kupang termasuk puskesmas pembantu. 

"Sesuai data yang kami terima dari puskesmas, pasien diare terbanyak dirawat di Puskesmas Sikumana baru diikuti di puskesmas lainnya. Jumlah pasien diare yang dirawat di Puskesmas Sikumana mencapai 53 orang. Sedangkan puskesmas lainnya di bawah dari jumlah tersebut," kata Skolastika.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Kupang, dr. Dominggus Serambu kepada wartawan saat ditemui di Pura Oebanantha- Oeba, Senin (12/1/2009) siang, mengatakan, meski jumlah penderita diare di Kota Kupang cukup banyak namun dibandingkan tahun sebelumnya angka penderita diare ini sudah menurun. "Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah warga penderita diare kami sudah melakukan berbagai upaya antisipasi, terutama sejalan dengan program Kupang Green and Clean (KGC) 2008. Kami juga sudah melakukan program kaporitisasi air kepada warga di kelurahan-kelurahan," kata Serambu.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Puskesmas Sikumana, Kota Kupang, dr. Theresia Rallo, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/1/2009) siang, menjelaskan, selama pekan pertama Januari 2009 Puskesmas Sikumana merawat 17 orang pasien diare dan satu pasien gizi buruk. Dari 17 pasien diare tersebut lima orang di antara menjalani rawat inap sedangkan 11 pasien lainnya menjalani rawat jalan. 

Pasien diare yang menjalani rawat inap ada yang mengalami dehidrasi berat, namun setelah dirawat kondisi tubuhnya membaik. (mar)

Posted in Label: , |

0 komentar: