Diare, 6 Balita Dirawat di RSUD SoE

SoE, PK-- Enam anak usia di bawah lima tahun (balita) di rawat intensif di bangsal anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SoE karena diserang diare.

Keenam anak itu adalah Natasia Bende (1,6 tahun, asal Kasetnana, Kecamatan Mollo Selatan), Deli Antonia Tefa (1,1 tahun, asal Oenlasi, Kecamatan Amanatun Selatan), Junedi Talan (8 bulan, asal Pusu, Kecamatan Amanuban Barat), Kevin Sanam (2 tahun, asal Desa Biloto, Kecamatan Mollo Selatan), Yanner Tine (6 bulan, asal Desa Polo, Kecamatan Amanuban Selatan) dan Alda Lasfeto (1,2 bulan, asal Kota SoE.

Pantuan Pos Kupang di RSUD SoE, Selasa (12/8/2008), ke-6 balita itu masih dirawat di RSUD SoE. "Mencretnya sudah mulai berkurang sejak kami dirawat di rumah sakit, Senin (11/8/2008). Sebenarnya anak kami sakit sejak hari Kamis (7/8/2008). Anak kami sempat dibawa ke Puskesmas Siso dan diberikan oralit serta tetra. Namun entah kenapa dia kembali mencret sebanyak sembilan kali disertai muntah," ujar Uriance Kase, ibunda Kevin Sanam.

Uriance mengaku tidak tahu penyebab anaknya diserang diare. Warga di sekitar rumahnya, kata dia, juga tidak ada yang diare. "Mungkin ini karena kondisi anak saya kurang sehat dan pergantian musim," katanya.


Sementara Jumina Suat mengatakan, anaknya,Yanner Tine, dilarikan di RSUD SoE karena kondisi tubuh anaknya sudah lemas saat dibawa ke Puskesmas Panite. Berbekal rujukan Puskesmas Panite, ia akhirnya membawa Yanner untuk dirawat di RSUD SoE.

"Saya bersyukur, biar badannya masih lemah tapi sudah ada perubahan. Saya tidak tahu bagaimana nasib anak saya bila terlambat dibawa ke rumah sakit," ujar Jumina yang menambahkan bahwa selama anaknya dirawat tidak ada pungutan biaya dari rumah sakit karena ia menggunakan kartu askeskin.

Informasi yang dihimpun di RSUD SoE, selama dua pekan terakhir setidaknya sudah 22 anak dirawat di rumah sakit karena terserang diare. Dari 22 pasien yang masuk, 16 balita sudah sembuh dan enam lainnya masih dirawat di bangsal anak.

Rata-rata anak yang terkena diare tidak membutuhkan perawatan yang lama untuk penyembuhannya. Hanya dalam waktu tiga hingga empat hari kondisi kesehatan anak sudah membaik pasca dirawat di RSUD SoE. (aly)

Pos Kupang 14 Agustus 2008, halaman 15

Posted in Label: |

0 komentar: